Teknologi

Cara Memanfaatkan Facebook Dengan Baik Untuk Keperluan Bisnis

Banyak para pebisnis sukses karena mampu memanfaatkan Facebook dengan baik. Siapapun pasti sepakat jika Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh manusia saat ini, termasuk di Indonesia.

Banyaknya para pengguna Facebook membuat banyak potensi yang bisa digali. Salah satu contohnya adalah untuk kepentingan dalam memaksimalkan usaha atau bisnis. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya pebisnis yang mempromosikan produknya di Facebook.

Wajar saja demikian, pasalnya selain cukup efektif, mempromosikan produk di Facebook tidak membutuhkan banyak biaya jika dibandingkan dengan media promosi lainnya. Yang menjadi pertanyaanya adalah bagaimana caranya memaksimalkan bisnis menggunakan Facebook?

Pilih Facebook Fanspage

Langkah awal untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis dengan menggunakan Facebook adalah dengan cara mengetahui karakteristik Facebook itu sendiri. Pada Facebook dikenal yang namanya Facebook Personal dan Facebook Fanspage. Dan untuk urusan pemasaran, gunakanlah Fanspage bukan Facebook Personal.

Kenapa? Pasalnya pada Facebook Personal pertemanan hanya dibatasi 5000 teman saja. berbeda dengan Fanspage yang bisa menampung teman dalam bentuk like yang tidak ada batasannya. Inilah yang membuat ada akun merek atau Public Figure di Fanspage yang memiliki jumlah like hingga ratusan ribu bahkan ada yang jutaan.

Manfaatkan Fitur Penjadwalan Status

Langkah kedua agar promosi bisnis di Facebook semakin maksimal adalah dengan menggunakan fitur penjadwalan status secara otomatis. Memangnya apa fungsi dari fitur ini?

Fungsi dari fitur ini adalah untuk memudahkan Anda saat update status di Facebook. Terlebih lagi pada saat Anda sibuk. Dengan memanfaatkan fitur ini, promosi produk bisnis akan tetap bisa berjalan sesuai dengan yang ditargetkan.

Selain itu untuk memaksimalkan Facebook Marketing, jangan sampai tidak melakukan perencanaan konten. Pasalnya konten yang terencana akan sangat membantu para pebisnis saat menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan di Facebook. Misalnya saja berkaitan dengan kapan status akan di-publish hingga isi statusnya.

Isi status pada Facebook Marketing sebaiknya berisi tentang tips, link artikel, kutipan, hingga gambar-gambar yang menarik. Dan semua itu bisa dikombinasikan dengan status yang berisi produk yang dijual hingga promo-promo terbaru.

Dan berkaitan dengan tips yang bisa Anda bagikan sebaiknya tidak hanya yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Tapi ada kalanya bagikan tips yang berhubungan dengan Facebook itu sendiri. Misalnya saja seperti cara upload video di Facebook, cara download video di facebook, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Facebook Ads Atau Iklan Facebook

Untuk meningkatkan jumlah like fanspage Anda, salah satunya bisa dengan cara menggunakan Facebook Ads. Facebook ads ini sangat berguna untuk mempromosikan produk Anda ke target market yang tersegmen. Misalnya saja wanita/pria, usia, area, dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan malas untuk membangun percakapan dengan fans Anda. Apalagi percakapan ini cukup penting untuk membangun relasi dengan para calon konsumen. Kemudian jika ada pertanyaan, segeralah untuk meresponnya paling lama 1 x 12 jam.

Selain itu, tetap fokus untuk memperbesar like. Pasalnya jumlah like fanspage Anda sama halnya dengan jumlah calon konsumen. Artinya semakin besar jumlah like maka semakin besar calon pembeli dari produk yang Anda tawarkan.

Pengukuran Efektivitas Atau Measurement

Hal paling mendasar lain yang tidak boleh dilupakan saat memanfaatkan Facebook Marketing adalah melakukan pengukuran secara rutin. Fitur Pengukuran atau Measurement ini terletak pada bagian kanan atas (View Insight) dari tampilan Fanspage.

Kenapa pengukuran sangat penting untuk dilakukan? Pengukuran ini bisa dijadikan sebagai cara untuk evaluasi. Selain itu bisa dijadikan sebagai patokan sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sudah Anda lakukan selama ini.

Selain itu, hal penting lain yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran lewat Facebook adalah konsisten untuk update status. Kemudian untuk jumlah efektif update status adalah 4 sampai dengan 6 status per harinya.

Dan jika diperhatikan, permasalahan yang sering dialami oleh para pebisnis pemula adalah ketidak konsistenan saat memprektekkan strategi Facebook Marketing. Namun sebenarnya itu bisa dicari solusinya.

Salah satu solusi yang bisa Anda ambil adalah merekrut orang khusus atau tim yang diberi tanggung jawab mengelola Facebook Anda. Dengan demikian, Fanspage bisa terkelola dengan baik sebagaimana mestinya.

Media sosial seperti Facebook ini jika digunakan dengan cara yang tepat sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Apalagi pengguna Facebook di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Oleh sebab itu jangan sampai Anda tidak memanfaatkan Facebook dengan baik dan benar.