Hobi

Sudah tahu Super Red Yang Tenar Hingga Mancanegara? Cek Disini

anda bukan pecinta ikan hias mungkin tidak begitu akrab dengan ikan arwana super red yang memiliki harga fantastis. Ikan yang hidup di Kalimantan Barat ini merupakan salah satu ikan arwana menawan yang hidup di Indonesia. Tidak hanya dikenal dan dipercaya membawa kemakmuran, namun juga terkenal hingga manca negara. Nah, agar tidak salah pilih ada baiknya anda mengetahui ciri ciri ikan arwana super red berikut.

Ciri Fisik Ikan Arwana Super Red Yang Harus Anda Tahu

  1. Warna Ikan Arwana Super Red

Warna merupakan salah satu daya tarik dari ikan arwana yang memiliki harga fantastis ini. Saat masih kecil, warnanya memang susah untuk dibedakan, apalagi bagi para pemula. Saat ikan arwana super red sudah menginjak masa remaja dengan ukuran 25 hingga 30 cm, maka akan dominan warna merah. Warna merah ini akan berpadu dengan sisiknya yang agak keperakan. Hingga semakin besar maka akan semakin nampak warnanya.

Saat anak anak ikan arwana jenis ini memiliki warna dasar yang sedikit kehijauan. Dengan bertambahnya waktu dan bertambahnya usia maka warna hijau tersebut akan berubah menjadi kemerahan. Sehingga tak perlu khawatir jika anda menemukan hal ini, namun juga harus hati hati karena bisa saja anda salah memilih anakan.

unsplash.com
  1. Kepala Ikan Arwana Super Red

Setelah mengetahui warnanya, bentuk tubuh seperti kepala juga patut untuk anda perhatikan. Ikan arwana jenis ini memiliki kepala yang seperti sendok atau cekungan di atas kepalanya. Meskipun tidak banyak yang menyukai cekungan namun ikan satu ini masih menjadi primadona dan dibilang unik karena bentuk kepalanya. Pendapat dari para pecintanya justru cekungan inilah yang membuatnya berharga ratusan juta rupiah.

  1. Bentuk Mata Ikan Arwana Super Red

Meskipun memiliki tubuh berwana merah namun mata ikan arwana yang berkualitas adalah mata berwarna hitam pekat. Mata ikan yang sehat tidak memiliki bercak dan juga tidak memandang ke bawah. Mata ikan super red ini sangat cantik jika dipadukan dengan warna tubuh merahnya. Yang harus diperhatikan ketika membeli ikan arwana adalah, matanya haruslah memandang ke samping dan tidak memandang ke bawah.

Dalam istilah ikan hias sering disebut dengan mata turun yang sangat berpengaruh untuk penampilan ikan arwana anda. Memang untuk mengatasinya bisa dilakukan operasi kecil namun tetap saja akan mengurangi keindahannya. Selain itu juga nilai ekonomisnya akan menurun. Sehingga anda harus berhati hati ketika mengunjungi tempat yang jual arwana super red pontianak ini. Karena salah memilih akan membuat ikan ini tidak cantik.

unsplash.com
  1. Ciri Bibir Ikan Arwana Super Red

Bentuk fisik yang membedakan ciri ciri ikan arwana super red dari fisiknya adalah bentuk bibirnya. Bibir ikan arwana super red yang memiliki kualitas tinggi yakni bibirnya yang terkatup rapat. Baik itu bibir bagian atas dan juga bagian bawahnya. Bentuk ini merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh ikan arwana jenis satu ini. Anda bisa melihatnya dengan mengamati fisiknya secara teliti dan bentuk bibirnya akan bisa anda lihat dengan detail.

Selain bentuknya, warna bibir ikan ini juga tampak merah. Hal ini memang tidak dijumpai pada semua ukuran ikan arwana super red. Karena pada ikan anakan jenis ini akan memiliki warna bibir pink. Meski demikian warna merah mudanya tidak pucat dan terlihat segar. Sehingga ana tidak perlu khawatir ketika ikan anakan yang anda miliki memiliki warna tidak merah, karena wajar terjadi untuk anakan.

  1. Bentuk Ekor Ikan Arwana Super Red

Ekor merupakan salah satu faktor membuat ikan nampak cantik adalah ekornya ketika berenang. Bentuk ekor pada ikan arwana super red haruslah terlihat mekar dan tidak menguncup. Saat anda membeli ikan arwana pastikan untuk memperhatikan bagian ekornya, karena jika ada cacatnya akan membuatnya tidak indah. Selain itu, juga membuat kualitas dari ikan yang anda miliki menurun dan mempengaruhi nilai jual.

Anakan ikan arwana yang memiliki ekor lemas dan menguncup kemungkinan besar akan terus seperti itu hingga dewasa. Tentunya mengurangi kecantikannya dan kualitasnya juga sudah tidak bagus. Ciri fisik ini bisa anda lihat dengan jelas secara langsung dan perlu diperhatikan dengan teliti. Karena jika tidak baik nantinya juga akan merugikan anda, apalagi jika anda memelihara untuk dijadikan ladang bisnis.

unsplash.com
  1. Sirip Ikan Arwana Super Red

Selain ekor dan warnanya, ikan arwana super red juga memiliki sirip yang panjang dan terlihat rapi lengkungannya. Apabila saat anda membeli anakan dan siripnya tidak rapi dan nampak keriting maka sebaiknya segera memilih yang lain. Karena bagian sirip sangat rentan rusak yang tentu saja membuat harga jualnya menurun. Fungsi sirip pada ikan mirip seperti dayung, sehingga sangat penting untuk memperhatikan bagian ini dengan lebih teliti.

Menjadi ikan arwana yang memiliki harga yang fantastis membuat banyak sekali ladang bisnis yang jual arwana super red pontianak ini. Sehingga dengan mengetahui ciri cirinya anda bisa membeli ikan dengan kualitas yang baik. Ciri fisik bisa dilihat secara langsung dengan melihat ikan lebih detail. Ikan arwana super red yang memilki kualitas tidak baik akan sangat berpengaruh terhadap nilai jualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *