Umum

4 Wisata Candi Di Kabupaten Sleman Yang Artistik

Berlibur ke Jogja siapasih yang tidak tergiur. Namun tahukah kamu jika Jogja dibagi menjadi beberapa kabupaten yang setiap kabupatennya juga memiliki wisata unik sendiri sendiri, Seperti halnya Kabupaten Sleman yang berbatasan langsung dengan kota Jogjakarta ini juga memiliki pesona yang menakjubkan. Lokasinya yang strategis membuat kabupaten satu ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun tahukah anda candi apa saja yang ada di Sleman? Simak ulasannya.

Wisata Candi, Tak Hanya Tawarkan Kemegahan Namun Juga Tambah Wawasan

  1. Candi Ijo

Candi Ijo ini merupakan situs yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke 7 hingga ke 8 masehi yang masih kokoh hingga saat ini. Hampir sama dengan candi yang lainnya, candi ijo menawarkan keindahan alam dan keindahan bangunannya. Untuk menuju lokasi ini, anda harus menuju Desa Sambierjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini dibuka setiap hari dengan retribusi yang sangat murah yakni Rp. 5.000 saja.

  1. Candi Prambanan

Sudah tahu jika candi yang cantik ini berada di Sleman? Candi Prambanan memang lebih tersohor dibandingkan candi Ijo. Bahkan Candi Prambanan dinobatkan sebagai candi yang masuk warisan dunia sejak abad ke 9 masehi. Wajar saja jika candi Prambanan menjadi salah satu ikon pariwisata di Jogja. Hingga banyak yang menganggap liburan tidak lengkap jika tidak mengunjungi candi Prambanan ini.

  1. Candi Ratu Boko

Masih berada disekitar kawasan Candi Prambanan, juga terdapat candi Ratu Boko. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati keindahanan matahari tenggelam. Memang sangat cantik saat warna orange kemerahan berpadu dengan bangunan candi yang unik dan menawan ini. Candi ratu Boko ini kabarnya merupakan ayah dari Roro Jonggrang. Situs ini menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja yang berada di Kabupaten Sleman.

  1. Candi Kalasan

Candi Kalasan letaknya juga tidak jauh dari kawasan candi Prambanan. Meskipun kurang populer namun candi satu ini juga layak untuk anda kunjungi dan melengkapi wisata candi anda di Sleman. Di waktu tertentu mengunjungi Candi Kalasan terasa lebih nikmat. Hal ini dikarenakan candi Prambanan dan Candi Ratu Boko selalu ramai pengunjung. Agar lebih leluasa tidak ada salahnya anda mengunjungi Candi Kalasan.

Sleman masih memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik selain candi. Namun karena memiliki banyak candi cantik tak ada salahnya anda untuk berwisata candi. Candi merupakan salah satu situs warisan zaman sebelumnya yang akan membuat wawasan anda juga bertambah. Apalagi jarak antar candi di Sleman tidak terlalu jauh, sudah siap wisata candi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *