Umum

Tanpa Obat, Simak Cara Mengatasi Demam Pada Balita

 

Si kecil yang sedang demam tentunya membuat para orang tua panik. Namun ibu tidak perlu khawatir, ada berbagai upaya untuk menurunkan demam si kecil. Jangan dulu diberikan obat-obat kimia, berikut beberapa  cara mengatasi demam pada balita secara alami.

Buat Suhu Tubuh Anak Lebih Nyaman

  1. Minum Air Gula

Balita yang menderita demam beresiko mengalami dehidrasi. Oleh karenanya, berikan asupan cairan pada si kecil untuk menurunkan suhu tubuhnya. Apabila di bawah usia 1 tahun, pemberian ASI eksklusif dibutuhkan. Anda bisa memberikan air hangat yang dicampur gula.

  1. Berendam Air Hangat

Kebanyakan orang tua takut memandikan si kecil saat demam. Padahal berendam justru membantu untuk menurunkan panas, asalkan menggunakan air hangat. Siapkan air dalam sebuah bak, rendam tubuhnya dan guyur perlahan pada wajah serta kepala. Biarkan berendam selama 10 menit, agar tidur si kecil lebih nyaman.

  1. Pakai Baju Tipis

Salah jika mengurung anak demam dengan jaket tebal atau sweater. Hal ini menyebabkan panas dalam tubuh semakin tinggi. Ganti baju anak dengan pakaian tipis dan longgar, supaya suhu badannya lekas menurun karena panas dalam tubuh bisa keluar.

Meningkatnya suhu tubuh menyebabkan anak panas dan menggigil. Hal ini memicu si kecil rewel dan tidak bisa tidur semalaman. Obat pereda demam mungkin segera menurunkan suhu panas, tapi efek sampingnya cukup berbahaya. Maka ibu disarankan menggunakan cara-cara alami saja, agar kesehatan si kecil tetap terjaga.