Bisnis

Apa Maksud SNI Air Minum Dalam Kemasan? Cek Penjelasannya

Tahukah Anda bahwa pemerintah baru saja menerapkan kebijakan SNI air minum dalam kemasan atau biasa dikenal dengan istilah AMDK. Sudah tahu apa saja tipe-tipe nya? Seperti yang diketahui, sekarang ini Air Minum Dalam Kemasan atau AMDK memang tengah menjamur dengan berbagai macam merek dan juga jenisnya. Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing dengan produk air kemasan ini.

Dari banyaknya merek air minum dalam kemasan tersebut tentu salah satunya menjadi produk favorit keluarga Anda. Namun, sudahkah Anda yakin bahwa produk air minum kemasan favorit keluarga Anda sudah berstandar SNI? Agar tidak salah dalam memilih, ada baiknya simak terlebih dahulu beberapa informasi terkait SNI air minum dalam kemasan berikut:

Mengenal Lebih Jauh Tentang SNI Air Minum Dalam Kemasan

Tentang SNI AMDK

Apa itu SNI AMDK? Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. SNI air minum dalam kemasan atau biasa disingkat dengan istilah SNI AMDK merupakan standar produk air minum yang ditetapkan oleh pemerintah. Sekarang ini, AMDK memang tengah menjamur dikalangan masyarakat karena dianggap lebih praktis dan sehat.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata tidak semua produk air kemasan yang dijumpai di pasaran telah lulus standar SNI. Umumnya AMDK yang mudah dijumpai dan telah memenuhi standar SNI yaitu memiliki PH antara 6.5 hingga 8.5.

Selain itu air minum yang sudah memenuhi standar SNI mengandung beberapa mineral alami seperti natrium, kalsium, florid, zinc, magnesium, kalium dan lain sebagainya. Semua kandungan yang terdapat dalam air kemasan sudah memenuhi standar SNI ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi pastikan jangan sampai salah memilih produk karena bisa mengganggu kesehatan Anda.

pxhere.com

Ciri-ciri AMDK Memenuhi Standar SNI

Perlu diketahui air minum dalam kemasan atau AMDK telah melalui beberapa tahapan tertentu sehingga tidak heran jika air minum ini masuk dalam kategori layak minum. Umumnya air mineral yang layak dikonsumsi memiliki beberapa ciri tertentu seperti air tersebut tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan juga tidak mengandung zat berbahaya.

Selain itu, ciri air minum kemasan yang bagus dan juga aman memiliki kemasan yang bersih dan juga tanggal kedaluarsa yang jelas. Jadi Bagi Anda yang sering mengkonsumsi air minum dalam kemasan, sebaiknya untuk mengecek tanggal kedaluarsa nya sebelum membeli.

Ketahui Tipe-Tipe Air Minum Dalam Kemasan Berikut

Air Mineral

Tipe air minum dalam kemasan (AMDK) yang pertama adalah air mineral alami yang mana miliki pH sekitar 6.5 sampai 8.5 dan tidak mengandung zat tambahan. Jenis air minum yang satu ini banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai macam merek.

pxhere.com

Air Demineral

Jenis air minum dalam kemasan selanjutnya adalah air Demineral yang mana cara pembuatan air minum jenis ini dengan menggunakan cara destilasi. Umumnya jumlah pH yang terkandung dalam air minum jenis ini yakni sekitar 5,0 sampai dengan 7,5.

Air Beroksigen

Berbeda dengan jenis-jenis air sebelumnya, proses pembuatan air beroksigen ini adalah dengan mencampurkan AMDK + Oksigen (O20). Biasanya air jenis ini memiliki pH sekitar 6.5 sampai dengan 8.5. Sedangkan untuk mineralnya yakni sekitar 5.0-7.5. Selain itu, untuk kandungan demineral oksigennya yakni sekitar 5.75 sampai dengan 7.5.

pxhere.com

Air Alkali

Satu lagi jenis air minum dalam kemasan yang perlu Anda ketahui yaitu Air Alkali. Sebagian dari Anda tentu masih cukup asing dengan jenis air yang satu ini. Untuk jenis air Alkali ini proses pembuatannya yaitu dengan elektrolisi atau pendamping garam. Air jenis ini memiliki pH sekitar 8.5 sampai dengan 9.97.

Itu tadi beberapa jenis atau tipe air minum dalam kemasan AMDK yang tak banyak diketahui. Dari tipe-tipe air minum dalam kemasan di atas, tentu bisa dijadikan sebagai acuan dalam memilih air minum yang sehat untuk keluarga di rumah. Disarankan untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan klaim brand yang sekarang ini seringkali dijumpai.

Agar tidak salah dalam memilih, pastikan bahwa air minum yang Anda pilih memang sesuai dengan standar SNI. Dengan memilih SNI air minum dalam kemasan, Anda juga ikut berperan menjaga kesehatan keluarga mulai dari sekarang.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah mencari air minum dalam kemasan yang aman dan berkualitas, Botolista adalah pilihan yang sangat tepat. Botolista sendiri merupakan salah satu brand yang sangat terkenal sehingga banyak pilihan produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Itulah ulasan singkat tentang SNI pada air minum dalam kemasan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *