Umum

Inilah 10 Nama-Nama Rumah Adat 34 Provinsi Paling Unik

  1. Rumah Adat Joglo dari Jawa Timur dan Jawa Tengah

Rumah ini terdiri atas pendopo untuk menyambut tamu. Terdapat ornamen khas suku Jawa pada rumah adat ini.

  1. Rumah Adat Panjang dari Jambi

Sesuai namanya, bentuk rumah ini panjang dengan atap yang lebar dan memiliki ornamen khas di puncak atasnya. Bentuk rumah ini merupakan rumah panggung dan memiliki corak yang khas.

  1. Rumah Adat Kebaya dari DKI Jakarta

Ciri khas rumah adat Kebaya adalah bentuknya yang seperti pelana yang dilipat rapi. Memiliki ciri khas pagar yang mengelilingi teras rumah.

  1. Rumah Adat Nowou Sesat dari Lampung

Rumah adat ini memiliki ciri khas atap yang berundak undak. Berbentuk seperti panggung yang memiliki tangga-tangga kecil di bagian depan rumah ini.

  1. Rumah Adat Bubungan Lima dari Bengkulu

Keunikan rumah adat ini berada pada pemilihan kayu yang digunakan untuk menopang rumah. Jenisnya harus kayu Medang Kemuning karena dipercaya bisa memperkuat bangunan rumah agar tidak mudah roboh.

  1. Rumah Adar Rakit dari Palembang

Seperti namanya, rumah ini berada terapung di atas sungai. Memiliki atap yang memanjang dan tinggi dengan warna merah yang mencolok.

  1. Rumah Adat Belah Bubung dari Kepulauan Riau

Rumah ini berbentuk rumah panggung, memiliki ciri khas adanya variasi ornamen di bawah atap depannya.

  1. Rumah Adat Melayu Selaso dari Riau

Rumah ini berbentuk persegi panjang dengan tiang, dan merupakan jenis rumah panggung dengan lantai lain yang lebih bawah dibandingkan ruang tengah.

  1. Rumah Adat Bolon dari Sumatera Utara

Ciri khas Rumah Bolon adalah berbentuk rumah panggung, memiliki tiang bergaris tengah, dan dinding yang berornamen khas Simalungun berwarna hitam, merah, dan putih. Rumah ini memiliki filosofi tersendiri.

  1. Rumah Adat Krong Bade dari Nanggroe Aceh Darussalam

Memiliki ciri khas tangga di depan yang harus berjumlah ganjil. Bentuknya persegi panjang yang dibuat memanjang dari Timur ke Barat, dan menggunakan daun rumbia sebagai atap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *