Teknologi

Cara Menghapus History Di Laptop yang Mudah Dipraktikkan

Menurut www.charis.id ada cukup banyak cara menghapus history di Laptop yang ada. Namun terkadang caranya cukup sulit untuk dipraktikkan. Sehingga terkadang membuat bimbang ketika ingin mencobanya. Takutnya salah langkah sehingga membuat adanya kesalahan sistem Windows yang ada di Laptop.

Memang benar file history di Laptop secara ukuran kecil. Namun jika tidak segera dibersihkan maka akan menumpuk juga. Jika sudah menumpuk, secara otomatis akan memakan ruang harddisk Laptop. Yang pada akhirnya akan membuat kinerja harddisk Laptop pun melambat.

Nah, jika Anda merasa ada penurunan performa pada Laptop Anda, bisa jadi inilah penyebabnya. Coba sekarang hapus history Laptop. Siapa tahu performa Laptop akan kembali seperti sedia kala. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana caranya?

Cara Menghapus History File Prefect

Secara mudahnya file prefect ini adalah file sampah dari aktivitas yang dilakukan pada software yang ada di Laptop. Misalnya saja seperti pada saat menghidupkan maupun mematikan Laptop. Atau pada saat Anda menginstal maupun uninstall aplikasi di Laptop.

Ternyata apa yang Anda lakukan ini akan meninggalkan file sampah. Sayangnya banyak yang belum mengetahui hal mendasar seperti ini. Sehingga yang terjadi adalah banyak yang tidak membersihkannya.

Padahal Anda tahu sendiri apa akibatnya jika tidak rutin dibersihkan. Nah, untuk Anda yang belum tahu caranya, seperti inilah langkahnya:

Buka Windows Explorer > System atau Harddisk C > Windows >Prefect> Delete/Hapus semua file yang ada. Setelah itu geser kursor ke bawah dan klik TEMP > Delete/Hapus semua file yang ada.

Menghapus History TEMP

TEMP sendiri bisa dikatakan sebagai file sampah yang muncul akibat aktivitas yang ada hubungannya dengan internet. Atau bahasa sederhananya ketika Anda mengakses internet dengan Laptop maka secara otomatis akan meninggalkan file sampah bernama TEMP ini.

Nah, untuk Anda yang sering menggunakan internet untuk mengakses internet, sebenarnya penting sekali untuk melakukan hal seperti ini. Apalagi sebenarnya cara menghapus history di Laptop untuk file TEMP ini sangatlah mudah.

Caranya tinggal klik Start > Run > ketik %TEMP% > OK/Enter. Setelah itu akan muncul semua file history TEMP. Untuk menghapusnya tinggal hapus saja semua file TEMP yang ada.

Selain menghapus file TEMP, untuk Anda yang sering mengakses internet maka penting juga untuk menghapus file sampahpada browser yang Anda gunakan. Tujuannya pun sama, agar file sampah ini tidak membuat performa Laptop menurun. Jika memang demikian, lalu bagaimana caranya?

  1. Membersihkan File Sampah di Google Chrome

Cara paling mudah membersihkan file sampah pada Google Chrome adalah dengan menekan kombinasi Ctrl + Sift + Delete. Setelah itu akan muncul menu Clear Browsing Data.

Pada sub menu time range to clear, ada beberapa sub menu lagi yang harus dipilih. Ada Last Hour, Last Two Hour, Last Fours Hour, Today, dan Everything. Pilih salah satu yang Anda inginkan.

Kemudian pada sub menu History, ada beberapa sub menu lagi yang harus dipilih. Ada baiknya untuk mencentang semuanya. Pasalnya semua sub menu tadi merupakan file sampah yang ada pada browser.

Setelah selesai, klik OK. Dengan demikian semua file sampah yang ada di Google Chrome akan hilang. Mulai dari Browsing & Download History, Active Logins, Form & Search History, Cookies, hingga Cache.

  1. Membersihkan File Sampah di Mozilla Firefox

Mozilla Firefox bisa dikatakan sebagai browser yang paling banyak dipilih. Wajar saja demikian, pasalnya secara ukuran lebih ringan jika dibanding Chrome. Nah, untuk Anda yang pada Laptopnya terpasang browser ini, jangan lupa untuk rutin membersihkan history atau file sampah.

Caranya pun sama pada saat menghapus history pada Chrome. Yakni dengan memencet tombol kombinasi dari Ctrl + Shift + Delete. Setelah itu akan muncul menu Clear Recent History. Menu ini sebenarnya sama dengan menu Clear Browsing Data pada Chrome.

Artinya untuk cara menghapus history sama saja dengan saat menghapus history pada Google Chrome. Artinya Anda tinggal melakukan hal yang sama pada saat menghapus history pada Chrome.

Bagaimana dengan browser lainnya, Opera, UC Browser, Maxthon misalnya. Bagaimana cara menghapus history-nya. Untuk caranya sendiri sebenarnya sama. Yakni tinggal memencet kombinasi tombol Ctrl + Shift + Del pada Keyboard Laptop Anda. Itulah kenapa di atas dikatakan jika cara menghapus history di Laptop itu sangat mudah dilakukan.