Pengetahuan

Cara Menanam Pohon Ketela agar Berbuah Maksimal

Menanam pohon ketela tidak boleh sembarangan jika ingin hasil yang maksimal. Memang ada trik tersendiri agar pohon ketela yang ditanam menghasilkan buah yang besar dan banyak. Penasaran? Yuk langsung saja disimak di bawah ini ulasannya.

Cara Menanam Pohon Ketela agar Maksimal

Buat Gundukan

Agar buah singkong tumbuh maksimal, maka disarankan untuk membuat gundukan dengan lebar 1,5 m dan tinggi 60-70 cm untuk lajur timur ke barat. Hal ini untuk mempermudah akses cahaya matahari yang masuk sehingga pohon ketela tumbuh maksimal.

Pilih Bibit yang Tua

Agar buah pohon ketela berbuah maksimal, maka perlu memilih bibit yang unggul dan cukup umur. Cara pemotongannya disarankan untuk menggunakan golok/parang saja, jangan menggunakan gergaji.

Lukai Batang Pohon Ketela

Ketika pohon ketela sudah agak tumbuh besar, maka selanjutnya Anda bisa melukai batang pohon di tiap pangkal sebanyak 3 bacokan. Hal ini untuk merangsang pertumbuhan pohon ketela tersebut.

Demikianlah cara menanam pohon ketela agar bisa berbuah maksimal. Jangan lupa untuk terus merawat kebun singkong, terutama kapan waktu pemberian pupuk, bisa organik ataupun pupuk pabrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *