Umum

4 Masakan Sunda yang Terkenal Kelezatannya, Yuk Simak Disini

 

Karena kekayaan rempah rempah yang ada di tanah air tak ayal membuat hidangan nusantara telah terkenal akan kelezatannya. Salah satunya adalah dari daerah yaang terletak di ujung Jawa, yakni tanah pasundan yang kaya akan masakan lezatnya. Tidak heran banyak wisatawan yang berburu sajian kuliner tersebut. Lalu apa saja jenis masakan Sunda yang sedap dan menggugah selera itu ? Simak ulasannya secara lebih lengkap disini.

Olahan Khas Sunda yang Terkenal Akan Kelezatannya

  1. Karedok yang Terkenal di Berbagai Daerah

Banyak yang menduga bahwa karedok adalah kuliner khas dari Jakarta. Namun sebenarnya karedok sendiri berasal dari tanah Sunda. Jenis masakan ini juga sangat cocok bagi orang orang yang sedang menjalankan program diet. Karena bahan yang digunakan untuk membuat karedok adalah sayur yang masih mentah. Tentu hal ini akan membuat santapan tersebut terasa lebih menyehatkan. Citarasa masakan ini juga telah terkenal ke berbagai daerah.

  1. Nasi Timbel yang Membuat Perut Keroncongan

Selain karedok, terdapat pula masakan berupa nasi timbel yang diketahui berasal dari Sunda. Dengan bungkus yang tebruat dari daun pisang membuat kuliner ini terasa begitu alami dan terkesan lebih tradisional. Beragam jenis lauk dapat dipadukan pada masakan Sunda ini. Sebut saja tempe, tahu, ikan asin dan lain sebagainya. Tidak lupa sebagai pelengkap dapat diberi sambal untuk menambah lezat sajian khas yang kaya akan rasa ini.

  1. Nasi Liwet yang Praktis untuk Dibuat

Tidak hanya nasi timbel, masih ada masakan lain yang merupakan khas dari Sunda. Masakan berupa nasi liwet ini tidak hanya terkenal di kawasan Jawa Barat saja, melainkan juga di daerah Jawa Tengah. Namun bedanya kedua jenis nasi liwet tersebut memiliki perbedaan pada penggunaan santan. Nasi liwet dari Sunda memakai santan saat menanak nasi tersebut. Sama halnya dengan nasi timbel, nasi liwet ini bisa disantap dengan aneka jenis lauk.

  1. Mi Kocok yang Hangat dan Lezat

Bagi kamu yang menyukai kuliner mi, maka masakan Sunda yang satu ini sangat layak untuk dicoba. Bahan utama yang digunakan pada sajian kuliner satu ini adalah mi kuning. Dengan beragam jenis bumbu yang ditambahkan akan memberikan aroma yang akan membuat perut menjadi keroncongan. Nama dari sajian ini sendiri diambil dari teknik memasaknya. Yakni dengan cara mengocoknya terlebih dahulu sebelum mencelupkannya ke dalam air panas.

Masakan khas dari Sunda yang diulas disini adalah sebagian kecil dari hidangan kuliner yang layak kamu coba. Masih terdapat banyak jenis masakan khas dari daerah Jawa Barat yang juga menggugah selera. Contohnya adalah empal gentong, doclang, pais ikan, empal gepuk daging sapi, dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Setiap sajian yang menggugah selera ini memiliki rasa dan aroma yang berbeda sesuai dengan bahan bahan yang dimasukkan ke dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *