Islam

Cara Menjadi Wanita Muslimah Yang Baik dan Sholihah

Menjadi wanita muslimah yang sholihah adalah keinginan setiap wanita beragama Islam. Bagaimana tidak, Islam mengibaratkan wanita sholihah sebagai sebaik-baiknya perhiasan dunia yang sangat mulia dan berharga.

Wanita merupakan makhluk yang mempunyai kedudukan tinggi dan paling dilindungi dalam Islam. Terlebih lagi jika sang wanita selalu berusaha mencerminkan sifat dan sikap taat pada syariah serta etika dan nila-nilai universal. Segala bentuk keistimewaan termasuk pahala dan surga telah dijanjikan untuknya.

Cara Menjadi Wanita Muslimah Yang Sholihah

Kata sholihah memiliki makna selalu berusaha menjadi baik, dalam artian wanita yang selalu belajar dan terus memperbaiki diri agar lebih baik. Lalu bagaimana cara menjadi muslimah yang sholihah? Beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda membentuk pribadi wanita sholihah dalam diri sendiri:

pxhere.com
  1. Menutup Aurat

Langkah awal untuk menjadi muslimah yang sholihah ialah menutup aurat dan menjaganya dengan baik. Adapun aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali bagian wajah dan telapak tangan. Sesuai dengan yang Islam perintahkan dan sebagai salah satu kewajiban bagi seorang muslimah. Untuk itu, Anda harus mengenakan busana muslim beserta hijab untuk menutupi aurat.

  1. Menjaga Ibadah

Tujuan hidup dalam Islam adalah untuk beribadah kepada Allah, dengan begitu maka muslimah yang baik harus dapat menjaga ketaatannya dalam beribadah. Seperti melaksanakan shalat 5 waktu dengan khusyu’ dan tepat waktu, berpuasa, memperdalam agama dan sebagainya. Ini akan meningkatkan kadar keimanan Anda sehingga mampu menjadi wanita yang lebih sholihah lagi.

  1. Tanamkan Sifat Malu Dalam Diri

Wanita sholihah harus memiliki rasa malu dalam dirinya. Bukan berarti harus bersembunyi dan tidak berinteraksi atau menjaga image dengan berpura-pura. Melainkan lebih untuk menjaga diri sendiri yang nantinya akan membuatnya bisa bertindak dan bersikap lebih hati-hati. Hendaknya selalu jaga rasa malu Anda setiap kali bergaul dengan orang lain.

  1. Selalu Bersyukur

Mensyukuri apapun yang Anda peroleh dalam hidup juga merupakan cara yang dapat membentuk Anda menjadi pribadi yang sholihah. Karena itulah apapun yang terjadi cobalah untuk selalu bersyukur dan menikmati apapun yang Allah berikan. Juga jangan bersedih atau kecewa terhadap pemberiannya.

  1. Menjaga Diri

Dalam pergaulan Anda harus berusaha menjaga diri dengan membatasi sendiri kebebasan Anda. Muslimah yang sholihah harus menjaga dirinya dimanapun berada. Anda bisa memulai cara ini dengan selalu bersikap sopan dan bertutur kata baik serta memiliki rasa malu terhadap siapapun.

  1. Menjaga Sikap dan Tutur Kata

Seorang wanita sholihah harus pandai menjaga sikap dan tutur katanya. Selalu berusaha menjalankan perintah agama dan menjauhi apa yang dilarang. Dengan kata lain, Anda harus penuh kesantunan dan kesopanan.

  1. Perdalam Ilmu Agama

Cara terbaik untuk menjadi muslimah yang sholihah ialah dengan terus belajar ilmu agama. Berusaha memahami ajaran Islam hingga mengamalkannya. Ada banyak cara untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai Islam, mulai dari membaca dan memahami isi Al-quran hingga mengikuti kajian agama.

pxhere.com

Ciri-Ciri Wanita Muslimah Yang Sholihah

Adapun ciri-ciri muslimah yang sholihah dapat diketahui dari sikap dan penampilannya. Beberapa ciri yang mudah terlihat antara lain ialah:

  1. Memakai Busana Syar’i

Muslimah yang baik pasti akan menutupi auratnya dan memakai busana syar’i. Busana yang dimaksud ialah busana yang tidak menampakkan aurat wanita. Anda bisa mudah menemukan berbagai macam pakaian muslim dan jilbab syar’i di Meah hijab dan pusat perbelanjaan.

  1. Selalu Menjaga Pandangan

Wanita sholihah akan selalu menjaga pandangannya terutama dari lawan jenis. Hal ini dapat dengan mudah terlihat di mana Ia akan lebih banyak menunduk dan menghindarkan kontak mata dengan yang bukan mahramnya.

  1. Cerdas dan Pandai Bergaul

Cerdas bukan berarti wanita yang berpendidikan tinggi melainkan yang memiliki wawasan luas dan mampu menata diri dengan baik. Pandai bergaul di tengah-tengah masyarakat dan selalu menjaga tali silaturrahmi.

  1. Senang Membantu Orang Lain

Wanita yang memiliki kemurahan hati akan senang membantu orang lain. Inilah yang menggambarkan dengan jelas akhlak seorang muslimah sholihah. Akan tetapi hal ini tentu yang didasari rasa empati bukan untuk mendapat pujian.

pxhere.com
  1. Tampil Sederhana

Wanita yang sholihah tidak akan tergoda dengan kemewahan dunia. Oleh karena itu mereka cenderung akan terlihat sederhana dan tampil apa adanya. Dalam berbusana pun tidak berlebihan dan terkesan simpel.

  1. Tidak Suka Bergosip

Sudah menjadi hal yang wajar jika wanita seringkali bergosip, akan tetapi beda halnya dengan wanita sholihah. Ia tidak akan membicarakan atau menggunjing keburukan orang lain di depan umum. Muslimah yang baik akan senantiasa menjaga sikap dan perkataannya.

Untuk menjadi wanita muslimah sejati, pada dasarnya hanya memerlukan komitmen yang tinggi terhadap ketaatan pada Allah. Akan tetapi meski tampak sederhana, Anda harus meneguhkan dan memantapkan hati lebih dulu untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *