Islam

7 Rukun Salat Lima Waktu

Sholat merupakan salah satu rukun islam, lebih tepatnya rukun kedua dari rukun islam setelah membaca dua kalimat syahadat. Ibadah sholat lima waktu menjadi ibadah wajib untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sebagai pencipta alam semesta.

Abi Abdirrahman Abdullah Bin Mas’ud pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, perbuatan apa yang paling disenangi oleh Tuhan dari umatnya? Nabi menjawab bahwa perbuatan yang paling disenangi adalah melaksanakan sholat tepat pada waktunya, yang kedua berbakti pada orang tua dan yang ketiga adalah berjuang di jalan Tuhan.

Dari percakapan di atas sudah diketahui bahwa melaksanakan ibadah sholat sangat penting, karena itulah sebagai umat islam anda harus mengetahui apa itu sholat dan apa saja rukun sholat. Dengan mengenal seperti apa ibadah sholat, maka anda dapat melaksanakan sholat dengan lebih khusyuk.

Pengertian Shalat

Dilansir dari situs hasana, bahwa sholat merupakan sebuah doa. Pengertian secara terminologinya adalah perkataan dan juga perbuatan termasuk perbuatan hati yang diawali dengan takbir dan niat serta diakhiri dengan salam, dilakukan dengan syarat-syarat tertentu.

Ibadah sholat pun terdiri dari 4 macam, yaitu sholat fardhu alias sholat wajib berupa sholat 5 waktu (shubuh, dhuhur, ashar, magrib dan isya), kemudian ada sholat yang diwajibkan saat malam isra’ mi’raj, sholat yang diwajibkan pada orang yang bernazar untuk melakukan sholat sunnah, sholat fardu kifayah dan sholat sunnah. Dari beberapa jenis sholat tersebut, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai rukun sholat wajib.

7 Rukun Shalat Wajib

Ibadah sholat memiliki bacaan atau doa serta gerakan wajib yang harus dilakukan. Selain itu ada juga 7 rukun sholat yang harus dipenuhi agar ibadah sholat sah dan diterima oleh Tuhan. Rukun sholat sendiri menjadi pilar yang akan membentuk ibadah sholat secara keseluruhan, sehingga jika ada yang terlewat akan membuat ibadah sholat menjadi kurang sempurna.

Penasaran apa saja rukun sholat? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Berdiri jika mampu, namun islam memberikan kemudahan bagi anda yang tidak mampu berdiri untuk sholat dengan duduk atau dalam posisi tiduran.
  • Membaca niat, niat dapat dibacakan secara lisan atau dalam hati. Doa niat mencakup nama sholat yang akan dikerjakan, jumlah rakaatnya dan menyebutkan bahwa mengerjakan sholat hanya karena Tuhan.
  • Membaca takbiratul ihram ketika sholat, yaitu bacaan takbir berupa kalimat “Allahu Akbar” terutama di setiap gerakan sholat.
  • Di setiap rakaat membaca surah Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surah pendek.
  • Setelah rukuk melakukan tuma’ninah atau berhenti sejenak, tidak tergesa-gesa.
  • Melakukan I’tidal dengan tuma’ninah sebelum sujud (setelah rukuk).
  • Setelah iktidal, gerakan selanjutnya adalah dua kali sujud, di setiap sujud dilakukan dengan tuma’ninah yang dihubungkan dengan gerakan duduk diantara dua sujud.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *